: - Sunday, 28-11-2021

Foto & Artikel oleh Wijoyo Van Gapa

Meraban – OPTIMIS.

Demi meningkatkan dan menjaga kepercayaan anggota serta mengutamakan pelayanan Prima yang menjadi ciri has sebuah lembaga CU, oleh karena itu CU Semandang Jaya menerapkan pelayanan berbasis Loan Officer (LO) yang mana tugas dan kewajiban seorang LO adalah melayani anggota di wilayah pengembanganya dengan sistem yang biasa disebut dengan ” JEMPUT BOLA” yang artinya staf CU tidak lagi menunggu anggota di kantor melainkan pelayanan secara lansung ke lapangan. Ini dilakukan agar interaksi dan komunikasi terjalin dengan baik antara Anggota dan staf. Terjalinya hubungan yang baik akan menumbuhkan rasa saling percaya antara Anggota dan staf manajemen, sebab dalam ber- CU kepercayaan merupakan modal yang paling utama.

Pelayanan dengan sistem jemput bola juga merupakan sebuah bentuk pelayanan prima yang diberikan oleh CU Semandang Jaya melalui kinerja seluruh staf LO di seluruh wilayah pengembangan dan TP – TP yang ada. TP Meraban yang juga merupakan salah satu TP yang mulai menerapkan sistem tersebut sejak awal di bukanya kantor pelayanan di wilayah Desa Kualan Hilir pada tahun 2008 dan mencakup beberapa Desa disekitarnya seperti Desa Sekucing Kualan, Desa Labai Hilir, Desa Sekucing Labai, Hingga saat ini bentuk pelayanan seperti itu bahkan sudah menjadi kebiasaan yang tak bisa di ubah.

Kegiatan penjemputan setoran ini sudah terjadwal setiap bulanya, setiap kampung sudah mendapatkan jadwalnya masing – masing, sihingga pada jadwal yang sudah ditentukan para anggota bisa mempersiapkan segala sesuatunya. Setiap tanggal 26 Setiap bulan, merupakan jadwal jemput setoran di Desa Sekucing Kualan yang meliputi dua kampung yaitu Sekucing dan Mungok Naning. Kedua kampung tersebut berada di sebelah barat kecamatan simpang hulu dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan menggunakan sepeda motor hingga sampai ke Sekucing, sedangkan kampung Mungok Naning yang berada di hulunya harus ditempuh menggunakan kendaraan air seperti Speedboat karena tidak ada akses jalan darat dan membutuhkan waktu tempuh 30 menit jika dalam kondisi air pasang, namun saat musim kemarau waktu tempuh bisa mencapai 1 jam perjalanan.

Kampung Mungok Naning dan Sekucing berada di bantaran sungai Kualan yang mana transportasi sungai masih sangat diandalkan bahkan menjadi solusi satu satunya dalam memobilisasi setiap kegiatan dan menunjang kehidupan perekonomian masyarakatnya.

Masyarakat di kedua kampung ini hidup dari bertani alam, yaitu dengan sistem bertani berpindah Рpindah, mata pencarian sebagian besar penduduk adalah Petani Karet dan Nelayan. Kegiatan Jemput setoran di kedua kampung ini biasanya menghabiskan waktu hingga  dua hari sehingga tim LO harus menginap di rumah anggota, hal ini dilakukan supaya bisa menemui anggota pada malam harinya, sebab pada siang harinya para anggota masih bekerja di kebun dan ladang masing Рmasing.

Dalam situasi dan kondisi seperti ini dibutuhkan seorang LO yang sangat tangguh dalam mengatasi setiap persoalan yang Kompleks di lapangan, tangguh di bidang fisik dan mental, mulai dari persoalan cuaca, medan dan bahkan tidak jarang pula harus menghadapi permasalahan kredit anggota.

Seorang LO juga harus memiliki sifat seorang pemimpin yang bijaksana serta memiliki jiwa pemberdayaan tinggi yang mana tak jarang anggota CU akan berkeluh kesah mengenai kehidupan dan kesulitan ekonomi rumah tangga, nah ketika terjadi situasi seperti itu maka seorang LO harus memiliki cara untuk membantu mengatasi kesulitan anggota binaan.

70 – 80 % anggota CU Semandang Jaya khususnya TP Meraban merupakan golongan masyarakat Ekonomi menengah ke bawah yang mana sebagian besar anggota adalah Petani dan Buruh. Hal ini pula lah yang menjadi sebuah tantangan bagi seluruh staf manajemen TP Meraban untuk memberdayakan anggota dengan semaksimal dan sebaik mungkin. Dibutuhkan rasa OPTIMIS yang tinggi agar setiap program yang direncanakan dapat terealisasi dan tercapai sesuai target.

Pemberdayaan yang dilakukan biasanya menyangkut persoalan Kredit terutama kredit anggota yang mengalami kemacetan atau gagal bayar maka, hal itu akan menjadi prioritas dan perhatian kusus bagi staf LO, jika di biarkan maka akan mempersulit anggota. Solusi yang ditawarkan juga harus benar-benar bijak sana tidak membebankan anggota dan tidak merugikan Lembaga. Tak jarang pula sampai pada proses penyerahan jaminan anggota kepada CU.

Hadirnya pelayanan CU Semandang Jaya di wilayah Hilir Sungai kualan diakui pula oleh banyak  anggota, sangat membantu mereka dalam mengatur pengelolaan keuangan rumah tangga, memberikan soslusi saat membutuhkan modal usaha, membiayai dana pendidikan anak serta tak jarang pula sangat membantu dalam mengatasi kesulitan dalam kondisi Darurat. Cara pelayanan dengan system jemput Bola juga sangat membantu anggota terutama bagi anggota yang tidak memiliki kendaraan untuk datang lansung ke kantor di Meraban.

Kami para aktivis dengan penuh rasa OPTIMIS akan selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik untuk anggota, sebab saat anggota merasa puas dan merasa terbantu oleh pelayanan yang kami berikan maka saat itulah kami sukses dalam membina anggota.

Hits: 517

3 komentar

Ardi, Thursday, 11 Oct 2018

Salam optimis, mantap TP Meraban

Reply

Bandi Wijoyo, Thursday, 11 Oct 2018

Amazing

Reply

JUSSI, Friday, 31 May 2019

KANTOR CABANG KASONGAN SUDAH ON TIME, WALAUPUN KANTOR BELUM RAMPUNG TAPI SUDAH ADA ANGGOTA BARU YANG BERGABUNG

SEMOGA DIMANAPUN CU SEMANDANG JAYA BERADA AKAN SELALU DI HATI ANGGOTANYA

Reply

TINGGALKAN KOMENTAR