: - Saturday, 27-11-2021

Balai Semandang, Koperasi Credit Union (CU) Semandang Jaya hari ini berusia 27 tahun, Kamis (01/11/2018).

Merayakan ulang tahun tersebut CU Semandang Jaya memulainya pada pukul 09.00 wib dengan doa bersama dan prosesi tiup lilin ulang tahun.perayaan ini dilaksanakan dengan sederhana, turut dihadiri anggota pendiri CU Semandang Jaya. Dalam sambutan Pak Deomedes salah satu anggota pendiri CU Semandang Jaya mengungkapan rasa bangganya terhadap CU SJ. Dia tidak menyangka bahwa CU SJ bisa berkembang pesat seperti sekarang, Dia juga berharap CU Semandang Jaya terus maju, terus berkembang, dan Selalu Jaya seperti sungai yang mengalir tanpa henti. Beliau juga berpesan agar pengurus dan manajemen terus meningkatkan pelayanan terhadap anggota dan terus berinovasi demi kemajuan masyarakat terutama anggota CU SJ itu sendiri.

Pastor G. Pamungkas ketika memimpin prosesi doa bersama pada ulang tahun CU Semandang Jaya menitipkan pesan kepada para pengurus, pengawan, Manajemen maupun para anggota yang hadir agar cu ini terus berkembang sehingga banyak orang bisa terlayani dan merasa terbantu dengan hadirnya CU ini dianggap mampu memberikan solusi terhadap kebutuhan keuangan masyarakat selama ini.

CU merupakan milik bersama para anggota terutama masyarakat yang tergabung di dalamnya. untuk itu, maju mundurnya CU ini tentu tergantung kepada kita semua, terlebih bagaimana kinerja para pengurus itu sendiri maupun keaktifan para anggotanya.

Kilas balik sejarah berdirinya CU SJ yaitu berawal dari kegiatan Retret Pasutri (pasangan suami istri) stasi Balai Semandang pada 30 Okt. s/d 1 Nopember 1991. Kegiatan ini difasilitasi oleh Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Ketapang yang diwakilkan kepada bapak Theo Asa Bauw dan Bapak Yohanes Suparjiman. Retret pasutri menghasilkan keputusan mendirikan Credit Union. Kemudian, Pengurus Dewan Stasi Balai Semandang membentuk Panitia Pelaksana Pendidikan Dasar Credit Union yang diketuai oleh Lanius Emanuel, sekretaris Yulius Rendan dan Bendahara adalah Simon Petrus. Singkat cerita, CUSemandang Jaya berdiri 1 Nopember 1991 di Balai Semandang. Ada 60 orang anggota pendiri.

Nama Semandang Jaya diusulkan oleh bapak H.B. Rikah (†) dan Yohanes Sepang (†). Kata “Semandang” diambil dari nama sebuah sungai yang berada di wilayah Balai Semandang  dimana air merupakan sebagai sumber kehidupan manusia. Kata “Jaya” berarti berkembang secara terus-menerus dan eksis sepanjang masa. Dalam istilah bahasa daerah Balai Semandang sebagai berikut: “ Credit Union Semandang Jaya adalah credit union yang jaya jemar, mpah pisang kumang lantang tobuh lulong anak, kaya sugeh, badagang monang babalok laba, ocit rugi banyak mengganti. Ungkapan tersebut mengandung arti bahwa cita-cita credit union Semandang Jaya adalah selalu berkembang secara terus-menerus tanpa mengenal istilah gagal dan usahanya selalu mengalami keuntungan bagi para anggotanya.

CU Semandang Jaya Selalu dihati

Hits: 713

1 komentar

ardi, Monday, 19 Nov 2018

luar biasa, cusj tetap jaya.

Reply

TINGGALKAN KOMENTAR