: - Saturday, 27-11-2021

CU Semandang Jaya (CUSJ) sebagai salah satu organisasi Credit Union yang sedang berkembang saat ini tetap konsisten melaksanakan RAT.   Pada 17 Februari kemarin, CUSJ menggelar RAT Tahun Buku 2019 atau RAT yang ke-29  dalam sejarah perjalanannya sebagai lembaga keuangan berbasis kerakyatan ini.

Transparansi atau keterbukaan merupakan hal utama dalam standar pengelolaan sebuah Credit Union. Hal itu tercermin dalam pelaksanaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang diselenggarakan setiap akhir tahunnya. Melalui forum RAT inilah seluruh pertanggungjawaban, rencana kerja, dan pola kebijakan Pengurus, Pengawas, dan Manajemen disampaikan secara terbuka kepada anggota. Proses kegiatan ini mencerminkan perwujudan demokrasi yang sesungguhnya. Ini adalah forum tertinggi dalam proses penyelenggaraan credit union, karena melalui RAT ini suara dan kepentingan anggota dikonsepsikan kedalam sebuah kebijakan dan rencana kerja berikutnya.

CU Semandang Jaya (CUSJ) sebagai salah satu organisasi credit union yang sedang berkembang saat ini tetap konsisten melaksanakan kegiatan ini. Pada  17 Februari kemarin, CUSJ menggelar RAT Tahun Buku 2019 atau RAT yang ke-29 dalam sejarah perjalanannya sebagai lembaga keuangan berbasis kerakyatan. RAT kali ini mengusung tema “Optimalisasi Teknologi dan Potensi Ekonomi Untuk Kesejahteraan Anggota”. Tema ini selaras dengan fokus utama yang hendak dicapai pada tahun buku berikutnya yaitu bagaimana CUSJ mampu melakukan inovasi-inovasi baru dalam proses memperkuat kinerja pelayanan dan pemberdayaan kepada anggotanya melalui pengembangan sistem digitalisasi pelayanan.

Acara RAT yang diselenggarakan di Aula Kantor Pusat CUSJ ini di mulai dengan pertunjukkan tarian dari aktivis dan atraksi silat dari anggota yang kemudian di lanjutkan dengan prosesi pemotongan bambu dan menginjak telur sebagai bentuk penghargaan kepada tamu yang hadir. Kemudian seluruh tamu dan peserta bersama-sama menuju ruangan aula tempat kegiatan dilaksanakan. Rangkaian kegiatan RAT pun dimulai dengan sambutan dari General Manager, Ketua Pengurus, Sekcam Kecamatan Simpang Hulu, Kepala Dinas Koperasi Kabupaten Sekadau, dan di akhiri dengan sambutan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Barat, Drs. Ahi, M.T. sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan RAT CUSJ TB 2019.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi menjadi tantangan tersendiri bagi CUSJ untuk terus   melakukan inovasi perubahan guna memperkuat kinerja organisasi. Kondisi saat ini adalah modal utama untuk terus menciptakan perubahan. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, memperkuat sistem pelayanan digital, dan pendampingan kelompok usaha anggota adalah serangkaian upaya yang terus dilakukan dalam mempercepat  tercapainya tujuan utama lembaga ini yaitu terwujudnya kesejahteraan anggota.

Dalam kata sambutannya, Ketua Pengurus CUSJ, Milen, S.Mn menyatakan bahwa pada Tahun Buku 2019 lalu, CUSJ telah melahirkan beberapa terobosan di bidang pelayanan yakni memaksimalkan digitalisasi sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan dan sebuah model pendampingan berkelanjutan yang dilakukan kepada anggota. “CUSJ meluncurkan sistem pelayanan digital transaksi online dan realtime yaitu sebuah aplikasi yang diberi nama SJ Mobile. Aplikasi ini diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat akses pelayaan dan meminimalisir human error yang biasa terjadi dalam proses transaksi manual. Selain itu, kita juga membentuk bidang khusus untuk fokus melakukan pendampingan kepada anggota yaitu Departemen Social Performance Management (SPM). Tugasnya adalah memberikan pendampingan berkelanjutan kepada anggota agar mampu menciptakan usaha alternatif untuk meningkatkan sumber pendapatan keluarganya,” jelas Milen.

Milen juga menambahkan, selama Tahun Buku 2019 progres perkembangan pertumbuhan keanggotaan CUSJ melebihi 10% dan asset diatas 12%. Ini menandakan bahwa CUSJ masih dipercaya oleh masyarakat sebagai mitra dalam mengembangkan ekonomi rumah tangganya. Kepercayaan ini harus dipertahankan oleh Pengurus, Pengawas dan Manajemen agar CUSJ mampu menjadi kendaraan anggota mencapai kesuksesan.

General Manager CUSJ, Blasius Hendi Candra, SH., MM., juga menegaskan bahwa CUSJ terus berproses dalam mengembangkan organisasi. Kritik dan saran menjadi pemacu semangat untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan demi kemajuan organisasi. Prinsip Change Management (mengelola perubahan) itu penting, selaras dengan pernyataan Charles Darwin,bukan yang terkuat dan yang paling cerdas yang akan bertahan, melainkan yang paling mampu beradaptasi dengan perubahan.

“Kalau kita mau bertahan maka kita harus mampu mengelola perubahan dengan baik dan benar. Meskipun dalam situasi ekonomi yang tidak stabil, kita masih bisa mencapai pertumbuhan yang signifikan dengan pertumbuhan anggota 11.95 persen dan pertumbuhan asset 14.65 persen, jauh diatas inflasi, itu artinya CUSJ masih menjadi pilihan masyarakat. Dan itu terlihat dari kecenderungan tingkat kepercayaan anggota dan masyarakat secara umumnya semakin hari semakin baik,” jelas Hendi dalam kata sambutannya.

Pencapaian ini tentu buah dari kerja keras dari elemen yang ada di dalamnya, baik itu anggota, pengurus, pengawas dan manajemen CUSJ. Pencapaian ini membuktikan bahwa CUSJ sudah berjalan pada jalur yang benar dan menjadi lembaga yang konsisten dalam memperjuangkan ekonomi masyarakat serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan informasi.

Menurut Mikael Eko, Ketua Puskopdit Khatulistiwa bahwa sebuah organisasi credit union akan berhasil apabila mampu menjalankan 3 kata kunci yaitu teknologi, potensi, dan kesejahteraan. “Secara teknologi, CUSJ mampu menghadapi perkembangan teknologi saat ini dengan membuat terobosan pengembangan layanan digital. Dan saat ini sudah melakukan spin-off dengan mendirikan Koperasi Optimis Maju Bersama (KOMB) yang memiliki sektor usaha ritel OKOMO Mart. Selain itu spin-off yang bergerak dibidang produksi didirikan SJ Agro, yang memiliki sektor usaha penjualan saprodi pertanian, peternakan dan perkebunan. Kemudian secara kesejahteraan, semua yang dilakukan CUSJ merupakan upaya untuk mensejahterakan anggotanya,” jelasnya.

Kemudian dia berpesan, “apa yang sudah dibangun, tidak boleh berhenti sampai disini. Harus terus menerus berkoordinasi dengan berbagai pihak,” ungkapnya lagi. 

Dalam kesempatan yang sama, Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Sekadau, Emanuel dalam kata sambutannya menjelaskan bahwa CU memiliki konektivitas dengan UKM. “CUSJ dapat bekerjasama dengan UKM yang ada dalam rangka meningkatkan perekonomian rumah tangga. Di Kabupaten Sekadau saya akan mendorong itu bisa dilakukan,”jelas Emanuel yang juga putra daerah asal Balai Semandang ini.

Kemudian Sekretaris Kecamatan Simpang Hulu, Yuliana Kislin dalam kata sambutannya menyebutkan bahwa CUSJ telah berkontribusi membantu perekonomian masyarakat, termasuk di daerah Kecamatan Simpang Hulu. “Melihat perkembangannya, tentu ini menunjukkan bahwa CUSJ dipercaya oleh masyarakat sebagai lembaga yang mampu menjawab kebutuhannya. Kepercayaan ini harus dijaga dan terus dikelola dengan terobosan-terobosan yang bermanfaat bagi pelayanan kepada anggota, seperti sistem pelayanan digital, SJ Mobile,”pungkasnya.

“Konsistensi itu terlihat dari pelaksanaan RAT yang selalu dilaksanakan setiap tahun. RAT ini menjadi wadah bagi anggota untuk berpartisipasi memberi masukan dan perencanaan bagi kemajuan organisasi CUSJ kedepannya. Kedepan saya berharap CUSJ terus berupaya menciptakan lapangan usaha bagi anggota dan masyarakat,” tegas Drs. Ahi, M.T. mengakhiri sambutannya sekaligus membuka secara resmi RAT CUSJ TB 2019.

Kemudian setelah itu, acara dilanjutkan dengan agenda Pengurus dan Pengawas menyampaikan secara terbuka Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) TB 2019, dan Rencana Kerja Anggaran Tahun Buku 2020, serta Pola Kebijakan (Poljak) Tahun Buku 2020. Melalui proses kesepakatan bersama, akhirnya seluruh anggota yang hadir menerima seluruh LPJ, Rencana Kerja, dan Poljak yang sudah disampaikan oleh Pengurus.


Pengurus Menyampaikan Laporan Pertanggung Jawaban. Foto: Dok. CUSJ
 

Seluruh rangkaian kegiatan dikemas menarik oleh Panitia RAT. Mulai dari peluncuran dan pembagian gratis Buletin SeJa bagi seluruh undangan dan peserta yang hadir, peluncuran SJ Mobile dan bagi-bagi pulsa kepada anggota yang dipilih secara acak, sampai pada pembagian doorprize berupa hadiah-hadiah menarik yang disponsori oleh mitra kerja CUSJ dan penarikan undian TAMAN, bagi penabung berprestasi. Karena acara begitu menarik, sebagian besar peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan RAT hingga tuntas, bahkan peserta yang jauh harus menginap karena acara selesai sudah begitu sore. *FRANS LAKON

Hits: 99

TINGGALKAN KOMENTAR