: - Saturday, 10-04-2021
  • 2 tahun yang lalu / Website resmi CU. Semandang Jaya Hits: 0
Tonton Video disini

Di awal tahun 2020, dunia gempar saat virus menyerang pernapasan manusia dan menyebabkan kematian, yakni Virus Corona atau Covid-19. Penyakit ini memiliki kemiripan dengan gejala flu, seperti; Demam tinggi lebih dari 38 derajat Celsius, batuk kering, lemas, sakit tenggorokan, sesak atau kesulitan bernapas, sakit kepala. Masa inkubasi virus ini sekitar 14 hari.

Penyerahan Bantuan Oleh Petugas CUSJ

Penyebaran virus corona dapat melalui percikan batuk atau bersin dari orang yang terinfeksi virus corona akan menempel di permukaan benda atau kulit manusia. Sehingga virus akan berpindah ketika manusia menyentuh benda atau melakukan kontak fisik dengan manusia lainnya. Kemudian, virus akan menginfeksi manusia ketika tangan yang terkontaminasi oleh virus menyentuh wajah, seperti mulut, hidung, dan mata.

Cara Mencegah Terinfeksi Covid-19

Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, maka penting dilakukan hal-hal seperti; mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik dan jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer. Hindari menyentuh area wajah, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum membersihkan tangan. Jangan keluar rumah jika merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu. Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain, jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya satu meter dengan orang lain. Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika Anda menggunakan tisu, segera buang tisu tersebut. Bersihkan barang-barang yang sering digunakan dengan disinfektan, seperti handphone, laptop, meja, dan lainnya. Terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga, serta hindari begadang untuk menjaga imunitas atau kekebalan tubuh.

CUSJ Dukung Kebijakan Pemerintah Cegah Covid-19

Melihat situasi pandemi global Covid-19 yang sudah berada dekat di sekitar aktivitas CUSJ, dan untuk mendukung pemerintah dalam pencegahan penularan, maka diambillah langkah-langkah seperti pemberlakuan jam buka tutup kantor dari yang sebelumnya pada hari Senin sampai Jumat dimulai jam 08.00 – 16.00 WIB sekarang diberlakukan jam 08.30 – 15.00 WIB. Dan hari Sabtu, yang sebelumnya jam 08.00 – 12.00 WIB, kini berlaku jam 08.30 – 12.00 WIB. Perubahan ini diumumkan di setiap kantor cabang.

Sedangkan yang berkaitan dengan pelayanan kasir, untuk mengurangi terjadinya kontak dan penularan maka wajib menggunakan sarung tangan dan masker. Sebelum memulai pekerjaan dan pulang meninggalkan ruangan tersebut, agar area tersebut disemprotkan dengan cairan disinfektan. Jika terjadi antrian agar diatur jarak masing-masing minimal 1,5 meter. Membantu mengedukasi anggota tentang dampak corona virus dan menghimbau anggota untuk menjaga kesehatan serta perilaku hidup bersih dan sehat. Dan tetap bekerja profesional, tenang dan tidak panik dalam melakukan aktivitas di kantor.

Untuk pelayanan oleh Loan Officer (staff lapangan) dan staff lain yang ke lapangan, untuk selalu memperhatikan kesehatan dan keselamatan dalam bekerja. Setiap aktivitas yang dilakukan diwajibkan untuk menerapkan phisycal distancing dan social distancing atau menjaga jarak satu dengan yang lain minimal 1,5 meter. Selain itu, dianjurkan kepada semua elemen yang ada di CUSJ untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat. Dalam situasi ini, untuk kegiatan promosi dan koordinasi dimaksimalkan menggunakan media sosial.

Milen, S.Mn, Ketua CUSJ saat dihubungi melalui telepon selulernya menjelaskan bahwa untuk memperkuat anjuran-anjuran itu, di setiap kantor cabang CUSJ disediakan tempat mencuci tangan yang memiliki keran air dan diletakkan di depan pintu masuk kantor. Tempat cuci tangan dilengkapi dengan sabun anti septic dan tisu pembersih. Dan untuk saat ini sangat dianjurkan kepada anggota CUSJ untuk meminimalisir kontak langsung, pelayanan simpanan dan angsuran kredit dapat dilakukan dengan menggunakan metode transfer yang ditujukan ke rekening CUSJ Kantor Cabang masing-masing.

“Selama pandemi virus corona ini belum selesai, seluruh aktivis CUSJ dihimbau untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang berpotensi melibatkan banyak orang, baik itu kegiatan kelembagaan ataupun kegiatan-kegiatan pribadi. Dianjurkan untuk tidak mengunjungi tempat-tempat keramaian. Dan tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan keluar kota atau daerah yang sifatnya tidak mendesak. Perubahan-perubahan ini sifatnya sementara dan akan dievaluasi kembali setelah situasi pandemi Covid-19 sudah mereda,” ujar Milen.

Apa yang dilakukan CUSJ ini adalah bentuk dari kepedulian dan kontribusi bersama dalam  menangkal penularan Virus Corona. Tidak ada cara yang bisa menghentikannya saat ini kecuali dengan menyatukan semangat dan solidaritas bersama. Dan yakin saja, badai pasti berlalu, dan dunia akan kembali bersinar. *FRANS LAKON

Hits: 26

TINGGALKAN KOMENTAR