: - Saturday, 27-11-2021

Kemajuan sebuah organisasi sangat ditentukan sejauhmana kualitas pengelolaan sumber daya manusia yang ada didalamnya. Begitu juga dengan CU Semandang Jaya (CUSJ). Semua pencapaian hari ini adalah berkat sinergisitas semua elemen sumber daya manusia yang ada di CUSJ. Pengembangan diri seluruh aktivisnya merupakan sebuah keharusan yang secara terus menerus dilakukan. Hal inilah yang dilakukan bagian Human Resources Management (HRM) CUSJ untuk membekali pengetahuan, keterampilan, talenta, kapabilitas individual, dan sikap perilaku semua aktivisnya tanpa terkecuali.

Pelatihan Calon GM CUSJ, menjadi karyawan hebat
Pelatihan GM CUSJ, menjadi karyawan hebat

Pengembangan sumber daya manusia baik yang dilakukan secara internal maupun eksternal bertujuan agar aktivis CUSJ semakin bertambah kompetensinya dan meningkatkan komitmen untuk menerapkan visi, misi, dan nilai-nilai inti CU Semandang Jaya di wilayah kerja masing-masing secara konsisten. Sejak berdirinya, CUSJ yang kini berusia 29 tahun telah memiliki 219 orang karyawan manajemen yang berasal dari berbagai latar pendidikan. Jumlah ini akan terus bertambah sesuai kebutuhan organisasi yang semakin berkembang.

Secara khusus, pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia adalah suatu rangkaian kegiatan organisasi yang dilaksanakan dalam interval tertentu dan didesain untuk membekali pengetahuan dan keterampilan sehingga harapannya mampu melahirkan perubahan sikap mental dan keahlian sumber daya manusia yang ulet, gigih, optimis, berintergritas, sinergitas, dan produktif.

Dengan harapan tersebut tentu akan sangat berguna dalam mendorong kinerja organisasi, karena setiap sumber daya manusia yang ada mampu menyelesaikan penugasan yang berhubungan dengan peran dan tanggung jawabnya sebagai aktivis dan tidak mudah terjebak dengan rutinitas (zona nyaman) sehingga dapat berkontribusi aktif untuk memajukan lembaga CUSJ di era yang serba bergerak cepat ini.

Departemen Sumber Daya Manusia memegang peranan yang sangat  penting dan strategis untuk dapat mencapai sasaran atau target suatu organisasi. Karena secanggih apapun mesin dan peralatan serta sistem operasional prosedur tanpa adanya sumber daya manusia yang hebatmaka semua itu tidak akan ada artinya.

Menjadikan Karyawan yang hebat itu meliputi beberapa hal, dengan mengacu pada akronim kata HEBAT itu sendiri. (H) Handal, yakni dapat dipercaya, (E) Efektif, yaknipengaruh yang tepat guna dan tepat sasaran, (B) Berintegritas, yakni keadaan yang menunjukkan kesatuan utuh dengan memiliki kompetensi, wibawa dan jujur, (A) Aksi, berupa tindakan dan sikap yang mumpuni atau memiliki keahlian, kecakapan yang tinggi, (T) Tangguh, kuat dan sulit dikalahkan.

Jadi, kata HEBAT  itu sendiri adalah suatu cara yang dibuat untuk mengatur sumber daya yang ada di dalam CUSJ. Sistem tersebut diciptakan untuk memaksimalkan kompetensi dan komitmen setiap individu baik sebagai Kasir, Admin Kredit, maupun  Loan Officer (LO)  secara efektif  dan efisien  sehingga dapat mencapai target sesuai dengan ekspektasi dari visi, misi, dan nilai-nilai inti CUSJ.

Melakukan kegiatan-kegiatan dan standar-standar yang  telah ditetapkan dan terukur khususnya di bidang tenaga kerja terutama Kasir, Admin Kredit, dan Loan Officermerupakan bagian dari pengendalian Departemen HRM dengan cara terus-menerus mengelola dan memberikan pelatihan yang maksimal agar dapat melayani anggota secara maksimal dan optimal dan bagaimana mempertahankan anggota agar supaya tetap loyal.

Dan akhirnya, Departemen HRM CUSJ menyadari betapa pentingnya pengembangan dan peningkatan sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan baik internal maupun eksternal, yang terus dinamis sesuai dengan keadaan terkini termasuk meningkatkan daya saing baik lokal maupun global.

Sebagai bukti lain, Departemen HRM CUSJ sudah memakai dan menerapkan SIMKA (Sistem Informasi Karyawan) yakni sebuah sistem database karyawan, absensi dan penggajian sehingga segala urusan  administrasi dapat teratasi dan tentu saja memudahkan di bagian Departemen HRM dalam pelayanan kepada semua karyawan.*PILATUS CONTO

Hits: 34

TINGGALKAN KOMENTAR