: - Tuesday, 27-09-2022

KSP CU Semandang Jaya  (CUSJ) telah membuktikan kepeduliannya terhadap jeritan kemanusiaan. Lembaga ini memulai kiprahnya dalam memperjuangkan  kehidupan yang bermartabat  sejak  tahun 1991 sebagai jawaban atas jeritan dan keputusasaan banyak orang. Lembaga ini juga telah  berusaha untuk mengangkat harkat dan martabat hidup anggotanya melalui peningkatan kesejahteraan ekonomi keluarga. Melalui berbagai program yang dirancang sedemikian rupa, sudah sangat banyak anggota yang terbantu. Secara perlahan dan meyakinkan,  di tangan para aktivis yang profesional, CUSJ mampu memberikan layanan yang optimal dalam pengembangan ekonomi  para anggotanya.

Apa yang  CUSJ lakukan telah mempengaruhi tata kehidupan ribuan anggotanya baik secara individu, keluarga maupun komunitas. Tata kehidupan baru yakni  munculnya budaya yang menjadi habitus baru dalam tata kelola keuangan individu, keluarga maupun komunitas. Dengan habitus baru, diharapkan anggota memiliki  pemahaman akan pentingnya pendidikan, swadaya, kebersamaan dalam membangun kekuatan ekonomi, kesadaran akan pentingnya menabung, pengelolaan dan perencanaan keuangan yang baik serta menyadari akan pentingnya membangun solidaritas antar anggota.

Dalam kiprahnya, CUSJ secara konsisten memperjuangkan tata kehidupan baru, yakni berupa habitus baru, kebiasaan baru baik dalam pola pikir, cara pandang,  perilaku laku, sikap  maupun   cara-cara dalam menata kehidupan ekonomi keluarga. Dengan demikian sangatlah tepat bahwa hehadiran KSP CUSJ adalah arsitek kehidupan bagi manusia. Kehadiran CUSJ  menjadi titik terang  bagi banyak orang untuk mulai melangkah dan menatap masa dengan mantap dan  optimis.

Dalam merealisasikan idealime misi sosial dan kemanusiaannya, guna mengangkat harkat dan martabat hidup anggota, CUSJ memberikan perhatian besar dengan merencanakan, menyusun program, memberikan pendidikan, pendampingan serta memberikan pinjaman untuk modal usaha kepada anggota baik secara individu atau pun kelompok sesuai dengan prosedur kelembagaan. Dalam menjalankan aktivitas gerakannya, ada dua model pengembangan utama  yang diemban CUSJ.

Pertama, melalui Departemen Social Performance Management (SPM), CUSJ merancang program-program yang berkaitan langsung dengan aktivitas anggota yang bergerak dalam berbagai bidang kehidupan sosial ekonomi, seperti pertanian, peternakan, perikanan dan usaha usaha lain yang relevan dengan perbaikan  ekonomi anggota. Melalui program-program tersebut,  diharapkan tingkat ekonomi anggota naik  yang pada akhirnya akan mengangkat harkat dan martabat hidup keluarga secara menyeluruh.

Kedua, secara kelembagaan, CUSJ  membangun gerakan-gerakan yang mendorong hidupnya aktivitas sosial ekonomi secara lebih luas dan melibatkan kelembagaan serta masyarakat secara umum. Gerakan ini, yang dapat juga  disebut  sebagai The CUSJ Social Movement, adalah gerakan sosial CUSJ   yang  menginisiasi dan mendorong  terbentuknya unit –unit usaha baru  melalui program spin-off (pemekaran usaha), didirikan menurut ketentuan perundang-undangan yang syah dan dikelola secara professional.

KSP CUSJ sejak dari awal memiliki komitmen kemanusiaan, makanya para penggagas awal  memilih mendirikan lembaga ini  di tengah kampung yang jauh dari peradaban modern, di tengah-tengah masyarakat yang berjuang keras untuk bisa bertahan hidup dalam serba keterbatasan kala itu. Para pendidirinya menyadari bahwa untuk keluar dari persoalan hidup dan  meningkatkan ekonomi keluarga serta untuk mengangkat harkat dan martabat hidup harus ada langkah nyata, yakni membangun ekonomi keluarga dengan merancang program-program yang menyentuh kehidupan nyata anggota/ masyarakat.

Disamping memberikan layanan simpan-pinjam, melalui pemberdayaan sosial ekonomi secara individu ataupun kelompok, CUSJ  secara pasti akan terus mengangkat harkat dan martabat hidup  manusia.

Mari dengan dengan akal sehat dan aksi nyata, kita dukung gerakan besar CUSJ dalam usaha mengangkat harkat dan martabat hidup  manusia. Dengan demikian maka akan semakin banyak anggota-anggota yang meningkat harkat dan martabat hidupnya.

 

*Drs. Yulianus Gumpol

Hits: 4

TINGGALKAN KOMENTAR