: - Wednesday, 07-12-2022

Setelah sukses melaksanakan suksesi General Manager pada Maret 2021 lalu, tahun ini CUSJ kembali melaksanakan kegiatan suksesi. Kali ini di level Pengurus dan Pengawas.

Berdasarkan peraturan yang ada di  CUSJ bahwa masa bakti periode Kepengurusan dan Kepengawasan yaitu lima tahun.

Suksesi Pengurus dan Pengawas merupakan komitmen bersama yang dimulai dari kepengurusan periode sebelumnya untuk menjalankan tata kelola CU yang baik. Lebih daripada itu, CUSJ mengikuti peraturan dari ACCU tentang proses suksesi.

Menurut Milen, selaku Ketua Pengurus CUSJ, “Proses suksesi ini sendiri sudah dipersiapkan semenjak satu tahun sebelum masa jabatan kepengurusan yang lama berakhir, dimulai dengan pembentukan Komite Pemilihan yang beranggotakan Pengurus dan Pengawas lama, yang tidak bisa dipilih kembali dan perwakilan anggota”. Terangnya saat di wawancarai disela-sela kesibukanya.

Ia menjelaskan bahwa, Komite Pemilihan ini dibentuk dan di sahkan pada saat RAT tahun buku 2021 di Star Hotel Pontianak. Ini sesuai dengan anggaran dasar dan aturan yang ada di CUSJ.

Anggota komite yang ditunjuk dalam RAT adalah Milen, S.Mn sebagai ketua, Adrianus Hondro, S.Pd., SD sebagai Sekretaris, Khatarina, S.E sebagai anggota dan Markus Ariyanto, S.Pd., M.M. sebagai anggota non voting.

Lebih lanjut, Ia menerangkan bahwa, tugas komite adalah untuk mempersiapkan calon Pengurus dan Pengawas yang baru agar keberlanjutan roda organisasi tetap berjalan sesuai visi dan misi CUSJ serta tujuan dan gambaran CUSJ dimasa yang akan datang dapat tercapai.

“ Tugas komite selanjutnya adalah melaksanakan teknis pemilihan Pengurus dan Pengawas yang baru, di awali dengan mengumumkan kepada seluruh anggota CUSJ melalui semua kantor cabang yang ada. Mencari para anggota yang berjiwa volunteer, memiliki jiwa pemberdayaan, siap melayani, bisa berinovasi dan tentunya dapat membawa CUSJ semakin maju dan terdepan”. Terangnya, menambahkan.

Terdapat 10 anggota CUSJ yang melamar menjadi calon Pengurus dan Pengawas. Berdasarkan peraturan yang ada di CUSJ maka jumlah tersebut cukup untuk memenuhi kuota dengan formasi 7 orang Pengurus dan 3 orang Pengawas. Calon Pengurus dan Pengawas yang melamar tersebut antara lain:

1. Drs. YULIANUS GUMPOL

2. MEIN MARTINUS, S.H

3. ANTONIUS SOTORMAN

4. YULIANA MARLISA, S.E

5. HENDRIKUS, S.Pd

6. YOHANES SINARTO

7. FRANSISKA YANE, A.Md

8. KRISTOFORUS CUNGKIN, S.P

9. FEGAN ARIAWAN LESMANA, S.Si

10. MARKUS DOWEN, S.Pd

Melihat pertumbuhan CUSJ saat ini dengan jumlah anggota 85.674 dan asset Rp. 632,2 M, jumlah staf  331 orang dan jumlah Kantor Cabang 52 plus Kantor Pusat 1 (Per 30 September). Milen berharap, bahwa mereka yang melanjutkan roda organisasi haruslah orang yang tepat, orang yang dapat dipercaya, memiliki kemauan dan kemampuan untuk membawa CUSJ semakin maju dan berkelanjutan, Mampu mengatasi segala tantangan baik Internal maupun eksternal dan tentunya agar CUSJ tetap bertahan yang akhirnya dapat memberikan manfaat kepada para anggota. Oleh sebab itu, suksesi di CUSJ merupakan sebuah persiapan bagi mereka yang nantinya menjadi garda terdepan dalam membuat kebijakan.

Tahap suksesi selanjutnya adalah mempersiapkan calon Pengurus dan Pengawas yang baru dengan mengadakan pelatihan CUDCC (Credit union director’s competency course). Kegiatan ini dimulai pada 26/09.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi calon Pengurus dan Pengawas. Selama 3 hari, materi CUDCC dibawakan oleh Munaldus, M.A. Ia merupakan seorang fasilitator yang sudah mengantongi sertifikat dari ACCU. Dalam materi tersebut terdapat berbagai macam modul antara lain tugas dan tanggung jawab Pengurus dan Pengawas, Srategic Planning, Manajemen tata kelola, dan penilaian pengembangan Pengurus.

 

 

Hits: 7

TINGGALKAN KOMENTAR

STATISTIK PENGUNJUNG WEB

  • 2
  • 69
  • 185
  • 198,432

Categories

Archives