: - Thursday, 23-09-2021
Jahe

Setiap orang punya cara bagaimana menghangatkan tubuh, kebanyakan orang melakukannya dengan mengkonsumsi minuman. Salah satunya yang banyak digemari adalah minuman wedang jahe. Tahun 2020 ini, CUSJ membuat terobosan baru melalui Departemen Social Performance Management (SPM) dengan memproduksi produk minuman olahan dari bahan dasar jahe yang dikemas dan diberi merk Pati Roih.

“Ide awalnya lahir dari pemikiran bahwa karena sebagian besar anggota CUSJ adalah petani, dan jahe merupakan salah satu tanaman yang ditanami masyarakat belum dilirik sebagai komoditi yang bernilai bagi masyarakat kebanyakan, maka SPM CUSJ melihat ini sebagai peluang yang bisa dikelola untuk mengembangkan pendapatan ekonomi anggota CUSJ melalui tanaman jahe ini. Akhirnya   lahirlah produk Pati Roih ini. Pati Roih diproses dengan cara alami dengan menggunakan bahan-bahan alami dan menghasilkan ekstrak jahe alami yang tentu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan,”jelas Akim, S.P., M.M. , Kepala Departemen SPM.

Sejalan dengan penerapan misi sosial CUSJ yang ingin menyerap hasil pertanian dari para anggota dengan menampung dan membeli bahan baku jahe dari petani ini dalam jangka panjang akan mampu meningkatkan pendapatan alternatif anggota. Bagian SPM CUSJ akan terus melakukan pemberdayaan kepada anggota dengan melakukan pendampingan secara berkelanjutan guna meningkatkan kualitas hidup anggota. Ini target yang akan dicapai  selaras misi CUSJ yakni meningkatkan kinerja sosialnya.

Produk Pati Roih

“Melihat potensi dan luasnya lahan pertanian khususnya lahan-lahan yang belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para petani  dan kemampuan petani untuk memanfaatkan lahan tersebut membutuhkan pendampingan, maka CUSJ melalui SPM akan melakukan pemberdayaan kepada anggota melalui pendampingan hingga pengembangan produk yang berasal dari potensi anggota,” jelas Akim.

Kedepannya, CUSJ akan membuat rumah produksi disertai teknologi peralatan untuk menunjang produksi sehingga mampu menghasilkan produk olahan jahe dengan kualitas yang lebih baik lagi. Dengan hadirnya rumah produksiPati Roih yang dikelola langsung oleh CUSJ ini diharapkan akan menambah bahkan meningkatkan pendapatan para anggota khususnya bagi anggota yang menanam dan memproduksi jahe, karena CUSJ sudah mampu menyerap hasil pertanian atau produksi jahe dari para anggota. *FRANS LAKON

Hits: 192

TINGGALKAN KOMENTAR