: - Thursday, 23-09-2021

CU Semandang Jaya memberikan pendampingan ekonomi rumah tangga pra nikah pada 39 calon pasangan suami istri (Pasutri) yang mengikuti kegiatan Retret Persiapan Pernikahan (RPP) yang diselenggarakan oleh Paroki Santa Maria Bunda Allah, Kecamatan Nanga Mahap, keuskupan Sanggau. Kegiatan tersebut dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada 6 sampai 7 Februari 2020 yang bertujuan agar calon Pasutri peduli terhadap masa depan keluarganya dengan mempersiapkan diri dengan pengetahuan bagaimana mengelola ekonomi rumah tangga yang baik.

Suasana RPP Paroki Nanga Mahap. Foto : Dok. CUSJ

Pastor Donatus, CP., yang adalah Pastor Kepala Paroki mempercayakan kepada CUSJ untuk memberikan materi tentang keluarga sejahtera dan ekonomi rumah tangga. Pastor Paroki juga berpesan kepada seluruh pasangan calon suami isteri untuk menyimak dan mengikuti materi serta mempraktekkannya ketika sudah menjalani hidup berkeluarga. “Ini adalah modal untuk hidup kalian nanti saat menjalankan roda perekonomian rumah tangga,” jelas Pastor Donatus sebelum kegiatan dimulai.

Dalam kesempatan itu, fasilitator dari CUSJ berbagi pengalaman dalam hidup berkeluarga terutama tentang pengelolaan ekonomi rumah tangga yang baik, sehingga tujuan hidup dalam membina keluarga dapat terwujud. Tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan hidup dalam berkeluarga banyak yang ingin diraih, contohnya ketersediaan sandang, pangan, dan papan yang cukup terpenuhi, ketersediaan dana darurat, kebutuhan pendidikan anak, memiliki kendaraan, dan masih banyak lagi kebutuhan yang harus dipenuhi jika sudah hidup berkeluarga.

Peserta antusias mengikuti materi yang diberikan karena bagi mereka ini sangat penting untuk masa depan keluarganya. Peserta retret ini berasal dari berbagai stasi yang ada di bawah naungan Paroki Santa Maria Bunda Allah Nanga Mahap, bahkan ada peserta dari Paroki Yesus Tersalib, Kecamatan Nanga Taman.

Dalam materi yang disampaikan, menitikberatkan agar peserta dapat mengelola keuangan keluarga dengan perencanaan yang baik, menyisihkan pendapatan keluarga setiap bulan sebesar 10 sampai 30 persen. Ini dilakukan agar tujuan keuangan keluarga dapat terarah dan terpenuhi demi masa depan keluarga yang lebih baik. Dalam kesempatan itu juga, diperkenalkan kepada peserta tentang CUSJ dan bagaimana perkembangannya saat ini. Ditampilkan juga data perkembangan secara umum dan secara khusus Area 2, serta mempromosikan produk-produk CUSJ yang sangat menyentuh dan sesuai dengan kondisi dan kepentingan masyarakat banyak.

Sebelum sesi berakhir pukul 09.30 WIB, Pastor Donatus menyarankan agar peserta terutama yang belum menjadi anggota CU Semandang Jaya, setelah pulang dari kegiatan retret ini secepatnya menabung dan menjadi anggota CUSJ. Dan  bagi yang sudah, terus tingkatkan saldo tabungannya. Lalu Pastor Donatus bertanya siapa saja yang sudah dan belum menjadi anggota CUSJ. Dan peserta yang hadir riuh tertawa sambil mengangkat tangannya. *Mateus Juki

Hits: 33

TINGGALKAN KOMENTAR