: - Sunday, 09-05-2021

Sejarah Singkat Berdirinya CU Semandang Jaya

Kopdit CU Semandang Jaya beralamat di jalan trans Kalimantan nomor 25 Balai Semandang, Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang. Berdirinya Kopdit CU Semandang Jaya berawal dari kegiatan Retret Pasutri (Pasangan Suami Istri) yang diselenggarakan oleh Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) Keuskupan Ketapang yang dilaksanakan di Balai Semandang Desa Semandang Kiri Kecamatan Simpang Hulu Kabupaten Ketapang pada bulan Juli 1991. Salah satu yang dibahas dalam kegiatan retret tersebut adalah masalah perekonomian masyarakat di Balai Semandang waktu itu yang kesulitan untuk mendapatkan dana segar dari hasil penjualan karet maupun komoditas lainnya, kecuali jika dibarterkan dengan barang. Bagi pasangan suami isteri yang memiliki anak sekolah di kota seperti Kota Ketapang maupun di Kota Pontianak sangat sulit mengirimkan uang untuk keperluan anaknya demikian pula tentang pengelolaan ekonomi rumah tangga keluarga belum dipahami oleh pasutri tersebut.

Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka peserta retret mempunyai ide atau gagasan untuk segera membentuk sebuah lembaga koperasi sebagai wadah untuk mengatasi permasalahan tersebut. Bapak Theo Asa Bauw dan Bapak Yohanes Suparjiman, B.Sc selaku Fasilitator kegiatan dari Komisi PSE Keuskupan Ketapang menawarkan gagasan supaya membentuk Credit Union (CU), dan semua peserta setuju dan sangat antusias menerima gagasan tersebut. Maka sebagai tindak lanjut dari kegiatan retret tersebut pada bulan Agustus 1991 Pengurus Dewan Stasi Balai Semandang membentuk Panitia Pelaksana Pendidikan Dasar CU, dengan susunan sebagai berikut:

  1. Ketua : Lanius Emanuel
  2. Sekretaris : Yulius Rendan
  3. Bendahara : Simon Petrus.

Panitia tersebut mengajukan proposal kegiatan kepada Komisi PSE Keuskupan Ketapang untuk memfasilitasi Pendidikan Dasar. Didasari oleh filosofi CU yang dimulai melalui pendidikan, berkembang oleh pendidikan, dikontrol dengan pendidikan dan sangat tergantung pada pendidikan, maka dilakukan Pendidikan Dasar perdananya pada tanggal 30 Oktober sampai dengan tanggal 1 November tahun 1991, bertempat di Balai Semandang yang diikuti oleh 60 orang peserta. Dengan adanya pendidikan dasar tersebut seluruh peserta sepakat untuk membentuk sebuah CU dengan nama CU Semandang Jaya di Balai Semandang.

CU berarti sekumpulan orang yang saling percaya yang bersepakat untuk mengumpulkan modal bersama, kemudian dipinjamkan kepada sesama anggota untuk tujuan produktif dan kesejahteraan bersama, yang dikelola secara profesional sebagai lembaga milik bersama para anggota. Sedangkan kata Semandang diambil dari nama sebuah sungai yang berada di wilayah Balai Semandang di mana air merupakan sebagai sumber kehidupan manusia. Kata Jaya berarti berkembang secara terus-menerus dan eksis sepanjang masa. Dalam istilah bahasa daerah Balai Semandang sebagai berikut: “CU Semandang Jaya adalah CU yang jaya jemar, mpah pisang kumang lantang tobuh lulong anak, kaya sugeh, badagang monang babalok laba, ocit rugi banyak mengganti. Ungkapan tersebut mengandung arti bahwa cita-cita CU Semandang Jaya adalah selalu berkembang secara terus-menerus tanpa mengenal istilah gagal dan usahanya selalu mengalami keuntungan bagi para anggotanya.

Tepat pada tanggal 1 November tahun 1991, di Balai Semandang terbentuklah sebuah Koperasi kredit dengan nama CU Semandang Jaya. Pada hari itu juga para peserta langsung membentuk kepengurusan pertama dengan susunan sebagai berikut:

Pengurus:

  1. Ketua : Yakobus Sontho
  2. Wakil Ketua : Lanius Emanuel
  3. Sekretaris : Simon Petrus
  4. Bendahara : Kornelius Kolik
  5. Anggota : Aloysius Iyot

Pengawas :

  1. Ketua             : F. X. Dau
  2. Sekretaris : H. B. Rikah
  3. Anggota : Stefanus Juara

Memerlukan waktu 10 tahun untuk mendapat pengakuan legalitas secara formal dari Departemen Koperasi Kabupaten dengan diberikannya status Badan Hukum: 82/BH/Kop.Pkm/IX.6/2001. Seiring berjalannya waktu, tepat di usia yang ke-20 tahun Kopdit CU Semandang Jaya kembali mendapat pengakuan legalitas di tingkat provinsi, maka dari itu status Badan Hukum Kopdit CU Semandang Jaya pun berubah menjadi: 82.a/BH/PAD/X/Agustus 2011.

Hits: 1956