: - Thursday, 23-09-2021

Menginjak semester pertama tahun buku 2020, CUSJ melakukan Evaluasi Tengah Tahun (ETT) yang bertempat di aula lantai dua kantor pusat (Head Office) Balai Semandang, Desa Semandang Kiri Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Kegiatan yang mengusung tema; Refleksi Kinerja Aktivis Cu Semandang Jaya Demi Optimalisasi Peran Lembaga Terhadap Anggota Dimasa Pandemi Covid 19tersebut berlansung selama dua hari yang dimulai pada 20 – 21 juli lalu, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan outbound selama tiga hari yang berlokasi di Pulau Lemukutan, Kabupaten Bengkayang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh 60 peserta yang terdiri dari seluruh pimpinan Manager Kantor Cabang, Manager Area, Komite KPI,  Kepala Departemen, General Manager, Pengurus dan Pengawas CU Semandang Jaya. Kegiatan tersebut di fasilitasi oleh Milen, S.Mn selaku ketua Pengurus dan Blasius Hendi Candra, SH.,MM selaku General Manager serta di moderator oleh Frans Lakon, S.Sos selaku wakil ketua Pengurus.

Kegiatan ETT adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh sebuah organisasi, termasuk CUSJ. Evaluasi Tahun Buku 2020 ini selain mengevaluasi program kerja 6 bulan berjalan (Januari-Juni) juga adalah untuk mensinergikan dan mensolidkan tim aktivis dalam mencapai target yang sudah disepakati pada 6 bulan berikutnya.

Pada kesempatan ini juga ditegaskan kembali dihadapan seluruh aktivis CUSJ bahwa bagaimana Credit Union ini dijalankan dengan bersandarkan pada nilai-nilai dibangun sedari awal oleh Bapak gerakan Credit Union Dunia  yaitu F.W. Raiffeissen.

Dalam kegiatan ETT dilakukan berbagai kegiatan diantaranya sharing pengalaman dari seluruh pimpinan serta dilakukan analisis menggunakan metode SWOT dan menghasilkan komitmen bersama. Seyogyanya sebuah kegiatan evaluasi, maka prinsipnya adalah bagaimana memperbaiki kekurangan pada semester sebelumnya untuk dilakukan perbaikan pada semester berikutnya dalam rangka proses mencapai target yang sudah ditentukan.

Selain itu, output dari kegiatan ini adalah agar semakin eratnya semangat kerja sama tim, sinergisitas, kepercayaan diri, fokus dan visioner dalam bekerja dapat diresapi oleh seluruh elemen kerja aktivis CUSJ dalam mencapai tujuan organisasi.

Setelah kegiatan ETT selesai, kemudian dilanjutkan dengan outbound. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kerjasama tim dan merefleksikan kembali panggilan sebagai aktivis CUSJ. Selain itu juga, momen ini digunakan sebagai ajang saling bertemu, mengingat luasnya area pengembangan CUSJ yang saat ini sudah tersebar di 37 kantor cabang sehingga kesempatan untuk berkumpul bersama terbilang jarang.

“Kegiatan evaluasi dan outbound kali ini sungguh sangat berkesan. Ini baik untuk memperkuat kerjasama tim dan momen penting kita merefleksikan kembali jati diri kita sebagai aktivis CUSJ. Harapannya, setelah pulang dari kegiatan ini, semua membawa energi dan semangat baru yang kemudian bisa dibagikan ke teman-teman yang lain agar kita memiliki semangat yang sama dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kita mengembangankan CUSJ,” jelas Betilia, Manejer KC Balai Berkuak dengan penuh semangat.

Setelah mengikuti kegiatan outbound ini diharapkan seluruh aktivis memiliki motivasi dan semangat optimisme tinggi untuk terus mengembangkan CUSJ agar lebih maju dan berkembang untuk kesejahteraan anggota dan masyarakat meski di tengah pandemi global Covid-19 ini. *WIJOYO VAN GAVA

Hits: 15

TINGGALKAN KOMENTAR