: - Thursday, 23-09-2021

CU Semandang Jaya (CUSJ) menawarkan berbagai produk tabungan, diantaranya adalah produk Tabungan Untuk Anak Sekolah (TUAS). Jenis tabungan ini diperuntukkan bagi anak-anak pra sekolah sampai siswa-siswi SMA sederajat, tujuannya untuk melatih anak-anak menabung sejak dini, mengatur uang jajanan yang diterima dari orang tuanya serta mulai memikirkan dan belajar cara pengelolaan keuangan sendiri.

Wita Sapitri menunjukkan buku tabungan TUAS
Wita Sapitri menunjukkan buku tabungan TUAS

Ini adalah salah satu contoh seorang anak penabung TUAS yang aktif dan menjadi teladan dan motivasi bagi anak-anak yang lain. Namanya Wita Sapitri, seorang anak perempuan kelahiran Nanga Baram, Desa Paoh Concong, Kecamatan Simpang Hulu, Kabupaten Ketapang, Provinsi Kalimantan Barat pada 31 Maret 2003 lalu. Ia merupakan putri ke-3 dari pasangan Molianus Moek dan Anggresita Nili. Ia sudah menabung di TUAS sejak 29 November 2003 lalu ketika orang tuanya membuka rekening TUAS untuknya. Menurut orang tuanya, saat ini Wita sudah menjadi terbiasa dengan kewajibannya dalam hal menabung, karena sejak awal sudah ditanamkan kebiasaan itu.

Membiasakan diri menabung usia dini adalah sesuatu yang sederhana yang seringkali dianggap sepele oleh kebanyakan orang tua dan anak-anak. Kebiasan menabung memiliki makna yang sangat berarti demi masa depan anak. “Saya bersyukur bisa menanamkan kebiasaan itu kepada anak saya Wita. Sejak dari kecil dia sudah ditanamkan untuk berhemat, menyisihkan uang yang kita berikan kepadanya, dan saya sendiri sebagai orang tua menganjurkan kepadanya agar mengutamakan setoran tabungannya sebagai persiapan saat dia membutuhkannya suatu saat, karena uang yang ada di tangan tidak selalu ada,” kata Moek ayah Wita.

Saat ini Wita adalah murid di SMKN 01 Simpang Hulu, mengambil jurusan Akuntansi. “Saya sangat berterima kasih kepada orang tuaku karena mereka sudah melatihku menabung sejak usia dini. Mereka membuka rekening tabungan TUAS untukku dan kemudian mempercayakan tabungan tersebut untukku urus sendiri, menabung sendiri dengan menyisihkan uang jajan. Manfaatnya amat sangat terasa, ketika saya membutuhkan buku tulis, pensil, dan lainnya yang berhubungan dengan keperluan sekolah, tinggal menarik dari tabungan TUAS,” ungkap Wita.

Membuka rekening dan menabung sejak 2003 lalu, usia rekening tabungan TUAS Wita sudah 17 tahun lamanya, nilai nominal saldo tabungannya pun sangat fantastis. “Aku amat senang melihat saldo TUAS yang sudah ku tabung sekarang ini, walau pun berulang kali ditarik untuk keperluan sekolah, namun begitu ditarik saya menabung kembali untuk menambah saldo tabungannya, untuk jaga-jaga siapa tahu ada lagi keperluan sekolah yang lain nantinya,” uangkap gadis usia 17 tahun ini bersemangat.

Ditanya mengenai cita-citanya, anak ke- dari 4 bersaudara ini menjawab dengan tersipu malu “Karena sedari kecil dibiasakan untuk berhemat, mengenal mata uang sejak dini, sekarang sekolah mengambil jurusan akuntansi, maka aku mau menjadi seorang akuntan. Semoga cita-citaku bisa terwujud ya,” harap Wita.

Selamat ya Wita, kamu sudah merencanakan masa depanmu dengan baik, raihlah cita-citamu dan buat orang tuamu bangga dengan segala usaha dan pencapaianmu. Untuk anak-anak yang lain, mulai rencanakan masa depanmu dengan ayo menabung di produk TUAS CUSJ.*JONSEN RUPINUS

Hits: 137

TINGGALKAN KOMENTAR